Jumat, 27 November 2015

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR




BAB I
PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR
1.     TENTANG ILMU SOSIAL, ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN ILMU SOSIAL DASAR
a.     Ilmu-ilmu sosial
Sumber dari semua ilmu pengentahuan adalah philosophia (filasafat). Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial ditilik dari pengembangannya bermula dari ilmua filsafat. 3 cabang ilmu pengetahuan yaitu ;
1.     Natural Sciences
2.     Social Sciences
3.     Humanities
Ilmu Sosial berkembang terus sesuai dengan kebutuhan manusia dalam era pembangunan, khususnya di indonesia.
b.     Ilmu pengetahuan sosial
Dalam dunia pengajaran , ilmu sosial telah mengalami pengambangan sehingga timbullah paham studi-sosial atau di indonesia disebut ilmu pengetahuan sosial (IPS).Paham studi sosial dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran, dan bukan merupakan satu disiplin ilmu yang  mandiri.Dengan begitu, tandaslah sudah bahwa ilmu pengetahuan sosial ialah ilmu sosial yang dipilih dan disesuaikan bagi penggunaan program pendidikan di sekolah.Mentri dari berbagai siplin ilmu sosial seperti Geografi, Sejarah< Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, Ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum dan ilmu sosial lainnya.bahwa ilmu sosial merupakan dasar dari IPS.

c.      Ilmu sosial dasar
Adalah suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi, pengembangan ilmu sosial dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif.seperangkat konsep-konsep dasar atau pengetahuan dasar ilmu sosial secara interdisiplin atau multidisiplin di pergunakan sebagai alat bagi pendekatan dan pemecahan problema yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.

2.     LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
Dimulai banyaknya kritis-kritis yg ditunjukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh sejumlah cendekiawan terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan.tenaga ahli yang  dihasilkan oleh perguuan tinggi di harapkan memiliki 3 jenis kemampuan yang meliputi personal, akademik dan profesional.

3.     ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI KOMPONEN MKDU
Mata kuliah dasar umum di perguruan tinggi di indonesia dikelompokan menjadi 2 bagian. Kelompok pertama diharapkan memberi dasar pedoman untuk bertindak sebagai warga negara yang terpelajar, yang meliputi mata kuliah ; 1) Agama , 2) Pancasila, 3) Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa, 4) Kewiraan. Kelompok kedua diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa, berkenaan dengan lingkungan alamiah , yang meliputi mata kuliah : 1)  ilmu Alamiah dasar, 2) ilmu sosial dasar, 3) ilmu budaya dasar.

4.     RUANG LINGKUP PEBAHASAN
Berpangkal pada tujuan di atas, maka ada 2 masalah yg dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menemukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu sosial dasar yaitu ; 1) adanya berbagai aspek pada kenyataan yang bersama merupakan suatu masalah sosial.  2)  adanya beraneka ragam golongan dan satuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri.

5.     MASALAH-MASALAH SOSIAL DAN  ILMU SOSIAL DASAR
Masalah sosial yang di hadapi oleh setiap masyarakat tidaklah sama antara yang satu dengan lainnya. Perbedaan-perbedaan itu di sebabkan oleh perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan dan masyarakatnya.
Pengertian masalah sosial ada 2 pengertian;
1)    Menurut umumnya bahwa segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial
2)    Masalah sosial adalah suatau kondisi atau perkemanagn yang terwujud dalam masyar akat yang berdasarkan atas studi mereka memiliki sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruh
a.     Masalah-masalah sosial dan ahi ilmu sosial
Menghantui manusia sejak adanya peradaban manusia karena di anggap  sebagai mengganggu kesejahteraan hidup mereka.
b.     Masalah-masalah sosial dan ilmu sosial dasar
Menyajikan suatu pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai mahluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan suatu kerangka pendekatan yang melihat sasaran studinya tersebut sebagai suatu maslah obyektif dan juga menggunakan kaca mata subyektif.


-         BAB II
-         Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan
-         1. PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN MIGRASI
-          
-         A. Penduduk Dunia dan Masalahnya
-          
-         1. Peningkatan jumlah penduduk/ kelebihan penduduk, sebabnya adalah
-         - Kemajuan ilmu pengetahuan khususnya ilmu kedokteran sehingga kesehatan penduduk lebih terjamin.
-         - Tingkat kematian bayi rendah
-          
-         Akibat secara langsung adalah pengangguran dan secara tidak langsung adalah kriminalitas.
-         Jenis kelebihan penduduk yaitu:
-         - Kelebihan penduduk yang absolut yaitu bila suatu daerah dalam waktu tertentu tidak dapat memberikan kebutuhan hidup bagi manusia yang berdomisili di wilayah tersebut.
-         - Kelebihan penduduk yang relatif, yaitu bial suatu daerah dalam waktu tertentu kebutuhan hdup yang ada sudah tidak sesuai lagi dengan kemajuan ekonomi dan perkembangan sosial.
-          
-          
-         2. Kekurangan penduduk (dialami negara-negara Eropa barat), yaitu kekurangan penduduk berusia muda sebagai generasi penerus, biasanya disebabkan masyarakatnya lebih mengutamakan pekerjaan, dan pemerintah mampu menyeimbangkan jumlah penduduk.
-         Kekurangan penduduk dapat mengakibatkan kurangnya tenaga kerja.
-         B. Pendidikan dan Kesehatan di Negara-negara Berkembang
-          
-         1. Pendidikan
-         Kurangnya pendidikan bagi anak usia sekolah disebabkan oleh kemiskinan, terikat kerja dalam rumah tangga, kekurangan bangunan sekolah dan pengajar, tidak memiliki sekolah dasar.
-          
-         2. Kesehatan
-         - Penyakit yang banya diderita yaitu kebutaan dan animea, tubercolosis, cacingan, polioyelitis, lepra
-         - Kekurangan gizi, kekurangan vitamin A, protein hewani
-         C. Perhatian Para Negarawan dan Ilmuan Terhadap Masalah Penduduk Dunia
-          
-         Perhatian para negarawan dan ilmuwan terwujud dengan dibentuknya kelompok Roma/ Club of Rome yang diketuai oleh Dr. Dennis L Meadow dari Massachusetts Institute of Technology/ MIT, yang mengadakan studi internasional tentang batas-batas akhir pertumbuhan dunia ( The Limit to Growth) mempelajari tentang 5 unsur dominan yaitu:
-         - Penduduk makin bertambah
-         - Pesatnya industrialisasi
-         - Produk pertanian
-         - Makin habis sumber-sumber alam yang tak tergantikan
-         - Makin rusak alam lingkungan
-         D. Usaha Mengatasi Masalah Penduduk Dunia
-          
-         1. Menyeimbangakan jumlah penduduk
-         2. Konsumsi sumber alam dan pembangkitan polusi arus dikurangi
-         3. Penyelenggaraan pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan
-         4. Peningkatan produksi bahan pangan
-         5. Penyuburan dan perlindungan tanah untuk mencegah erosi.
-         E. Masalah Penduduk Indonesia
-          
-         1. Rapat penduduk, adalah perbandingan antara jumlah orang dengan tanah yang didiami/ diolah dalam satuan luas. Satuan luas daeral rura/ desa adalah hektare (kilometer persegi), sedangkan untuk daerah urban/ kota adalah meter persegi. Kegunaan mengetahui rapat penduduk adalah :
-         - Mengetahui ada atau tidaknya gejala over polpulation
-         - Mengetahui pusat-pusat agglomenrasi/ pengelompokan penduduk
-         - Untuk mengetahui penyebaran dan pusat-pusat kegiatan ekonomi maupun pusat budaya.
-          
-         2. Penyebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan terjadi kelebihan dan kekurangan penduduk. Pada beberapa wilayah hal itu dipengaruhi oleh lokasi, iklim, sumber alam, transportasi.
-          
-         3. Tingkat pendidikan masyarakat yang relatif rendah, sebabnya yaitu kurangnya fasilitas pendidikandan pendapatan perkapita penduduk yang masih rendah.
-         F. Kebijaksaan Kependudukan
-          
-         Yaitu suatu kebijaksanaan suatu negara yang menyangkut kemakmuran penduduknya. Tujuannya adalah untuk mencapai kesejahteraan penduduk dalam arti yang luas, terutama keseimbangan antara jumlah penduduk dengan hasil pembangunan.
-         Usaha-usaha mengimbangi jumlah penduduk:
-         - Preservasi, yaitu perbaikan kualitas dan kuantitas hasil bumi
-         - Restorasi, pemeliharaan sumber-sumber biotik dengan mencegah penyakit tanaman dan hewan.
-         - Benefisiasi, memelihara kelangsungan fungsi sumber-sumber alam.
-         - Reklamasi, penambahan hasil pertanian dengan mengubah tanah improduktif menjadi produktif.
-          
-         Usaha-usaha yang dilakuakan kebijaksanaan kependudukan:
-         - Ekstensifikasi pertanian, yaitu memperluas arela pertanian dengan forest clearing
-         Intensifikasi pertanian yaitu, pemupukan, pengairan, bibit unggul, terasering, rotasi tanaman dan lain-lain. Intensifikasi dilakuakan pada daerah yang tidak memungkinkan terjangkaunya perluasan pertanian. Contoh di Jawa, Madura dan Bali.
-         - Transmigrasi, pemindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang tidak atau kurang padat. Macam-macam transmigrasi yaitu transmigrasi umum, spontan, sektoral,
-         bedol desa.
-         - Penyebaran industrialisasi, yaitu pembangunan industri yang menyebar keseluruh wilayah Indonesia/ desentralisasi industri sehingga mendorong pembangunan masing -
-         masing daerah.
-         - Keluarga berencana, tujuannya adalah untuk
-         - meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak
-         - mengurangi laju pertambahan penduduk sehingga seimbang antara jumlah penduduk dengan produksi nasional.
-          
-         Usaha KB meliputi: menjarangkan kelahiran, pengobatan kemandulan, nasihat perkawinan.
-         - Pendidikan kependudukan, yaitu memperluas pendidikan baik formal maupun non formal dengan memanfaatkan secara efisien dan efektif semua jenis komunkasi dan mass media yang ada. Tujuannya adalah mengubah cara berpikir dari tradisional statis menuju cara berpikir yang rasional dinamis.
-         G. Migrasi
-          
-         Adalah perpindahan penduduk yang melintasi batas administrasi misal kelurahan, kabupaten, kota, negara. Teori migrasi :
-         1. Teori gravitasi oleh Revenstein, hukum-hukumnya adalah:
-         a. Semakin jauh jarak, semakin berkurang volume migran
-         b. Setiap arus migran yang benar akan menimbulkan arus baliksebagai gantinya.
-         c. Perbedaan desa dengan kota yang menyebabkan timbulnya migrasi
-         d. Wanita cenderung bermigrasi ke daerah-daerah yang dekat letaknya
-         e. Kemajuan teknologi akan mengakibatkan intensitas migrasi
-         f. Motif utama migrasi adalah ekonomi
-         2. Teori dorong tarik (push-pull theory) oleh Everret S. Lee-1966, mengemukakan 4 faktor yang berpengaruh pada seseorang untuk bermigrasi
-         a. Faktor-faktor yang terdapat di daerah asal
-         b. Faktor-faktor yang terdapat di daerah tujuan
-         c. Faktor-faktor rintangan
-         d. Faktor pribadi
-          
-         Migrasi internal terjadi antara dua unit geografis dalam satu negara atau pengirimMigrasi internasional, terjadi antar negara yang kemudian dikenal konsep Emigrasi dan Imigrasi.
-         Emigrasi adalah migrasi internasional dipandang dari negara asal atau pengirim. Imigrasi adalah migrasi internasional dipandang dari negara penerima atau negara tujuan.
-         Rumus tingkat migrasi :
-          
-         Jumlah migrasi dalam 1th x 1000
-         Jumlah penduduk
-         2. Pembagian Kerja dalam Masyarakat
-          
-         Masalah utama pembagian kerja dalam masyarakat adalah kurangnya kesempatan kerja. Sebabnya adalah laju pertumbuhan penduduk dan lambatnya perkembangan dalam bidang pertanian (karena sebagian besar tenaga kerja masyarakat Indonesia adalah dalam bidang pertanian).
-         Akibat kurangnya kesempatan kerja adalah pengangguran dan arus urbanisasi yang meningkat, maka dibutuhkan penciptaan kesempatan kerja yang lebih bervariasi. Ketimpangan-ketimpangan yang mempengaruhi usaha perluasan tenaga kerja adalah:
-         a. Pola pemukiman penduduk antara pulau jawa dan luar jawa
-         b. Ketimpangan pembangunan antar daerah
-         c. Ketidakserasian laju pembangunan daerah kota dan pedesaan
-         d. Kurang berkembangnya informasi pasar tenaga kerja, sehingga terjadi kesenjangan permintaan dan penawaran kerja.
-         e. Kurang terdapatnya penyesuaian antara program pendidikan dengan arah pembangunan
-         f. Ketimpangan koordinasi dalam pemilikan investasi padat modal dan padat karya
-         g. Ketimpangan tingkat produktivitas antara sektor pertanian dan non pertanian
-         h. Kekurangserasian perkembangan antara sektor formal dan non formal
-         i. Masalah pengangguran terbuka dan pengangguran terselubung.
-         3. Perkembangan Kebudayaan
-          
-         A. Kebudayaan (sansekerta=budhayah, bentuk jamak dari budhi/ akal)
-          
-         yaitu hasil budi atau akal manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.
-         Kebudayaan menurut E.B.Tayor dalam buku “Primitive culture” adalah komplikasi atau jalinan keseluruhan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keagamaan, hukum, adat istiadat serta kenyataan dan kebiasaan lain yang dilakuakan manusia sebagai anggota masyarakat.
-          
-         Dalam pandangan sosiologi kebudayaan meliputi :
-         1. Kebudayaan material, adalah hasil cipta, karsa, yamg berwujud benda-benda atau barang-barang atau alat-alat pengolahan alam. Misalnya gedung, pabrik, jalan, rumah, alat komunikasi, hiburan, mesin dan lain-lain.
-         2. Kebudayaan non material, haisl cipta karsa yang berwujud kebiasaan-kebiasan/ adat istiadat, kesusilaan, ilmu pengetahuan, keyakinan, keagamaan dan lain-lain.
-         B. Hubungan manusia dan kebudayaan
-          
-         Dari sudut pandang antropologi manusia dapat ditinjau dari dua segi yaitu :
-         1. Manusia sebagai makhluk biologi yaitu manusia dipelajari dalam ilmu biologi /anatomi
-         2. Manusia sebagai makhluk sosio budaya, yaitu menyelidiki seluruh cara hidup manusia, bagaimana manusia dengan akala budinya dan struktur fisiknya dalam mengubah lingkungan berdasarkan pengalamannya. Juga memahami dan melukiskan kebudayaan yang terdapat dalam masyarakat manusia.
-         C. Hubungan Masyarakat dan Kebudayaan
-          
-         1. Manusia, masyarakat dan kebudayaan merupakan satu kesatuan utuh karena dari ketiga unsur inilah kehidupan mahkluksosial berlangsung.
-         2. Masyarakat tak dapat dipisahkan dengan manusia karena hanya manusia yang hidup bermasyarakat, dimana orang bermasyarakat akan timbul kebudayaan
-         D. Wujud kebudayaan mnurut Koenjtaraningrat
-          
-         1. Ide, gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan
-         Sifatnya abstrak tak dapat diraba dan letaknya hanya ada dikepala kita masing-masing.
-         2. Kelakuan berpola manusia dalam masyarakat
-         Misalnya kegiatan berinteraksi, berhubungan, bergaul satu sama lain. Kegiatan tersebut berpola berdasarkan adat istiadat.
-         3. Hasil karya manusia, merupakan wujud yang paling kongkrit dapat dilihat, diraba, dirasakan.
-         Dari ketiga wujud kebudayaan tersebut dapat dirinci menjadi 7 unsur kebudayaan ;
-         - Sistem religi dan upacara keagamaan
-         - Sistem organisasi kemasyarakatan
-         - Sistem pengetahuan
-         - Sistem mata pencaharian hidup
-         - Sistem teknologi dan peralatan
-         - Bahasa
-         - Kesenian
-         IV. Pranata - pranata dan Institusionalisasi
-          
-         A. Pranata Sosial
-          
-         Pranata sosial adalah sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam masyarakat. Agar kebutuhan tersebut terpenuhi maka dirumuskan norma-norma dalam masyarakat.
-         Norma-norma tersebut mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda, untuk dapat membedakannya maka dikenal 4 pengertian norma :
-         1. Cara / Usage
-         Merupakan suatu perbuatan individu dengan individu lainnya dalam hubungan bermasyarakat. Mempunyai kekuatan mengikat lemah karena penyimpangan terhadapnya tidak mengakibatkan hukuman yang berat, tetapi hanya sekedar celaan saja. Misalnya cara orang minum (ada yang mengeluarkan suara ada yang tidak)
-         2. Kebiasaan (folkways)
-         Adalah perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dan mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar dinading usage. Pelanggaran dari kebiasan ini akan mengakibatkan orang dianggap menyimpang dari kebiasaan umum dalam masyarakat. Contoh, menghormati orang yang lebih tua.
-         3. Tata kelakuan / Mores
-         Adalah kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam masyarakat yang diterima sebagai nama-nama pengatur dalam masyarakat itu (Mac. Iver & H. Page)
-         Berperan sebagai alat pengawas, pemaksa untuk melarang sesuatu kepada anggota masyarakat supaya menyesuaikan perbuatan-perbuatan dengan tata kelakuan tersebut. Tata kelakuan berfungsi untuk :
-         - Memberikan batas-batas pada kelakuan individu
-         - Mengidentifikasi individu dengan kelompoknya
-         - Menjaga solidaritas antara anggota-anggota masyarakat
-         4. Adat kebiasaan / Custom
-         Terjadi dari tata kelakuan yang kuat integrasinya dengan pola perikelakuan masyarakat. Mempunyai sanksi berat bagi anggota masyarakat yang melanggar adat kebiasaan ini. Misal hukum adat yang melarang bercerai antara suami dan istri.
-         B. Pranata sosial/ Institusi dan Asosiasi
-          
-         1. Asosiasi/ persekutuan/group yang terorganisir. Contoh keluarga, negara, serikat buruh.
-         2. Institusi adalah bentuk-bentuk aturan, prosedur atau sistem. Contoh:
-         - Keluarga mempunyai institusi khusus yaitu perkawinan, warisan dll.
-         - Negara mempunyai institusi khusus yaitu bentuk pemerintahan (parlementer, presidensial), prosedur perundang-undangan.
-         - Serikat buruh mempunyai institusi atau lembaga khusus seperti pemogokan, persetujuan kolektif dll.
-          
-         Macam-macam lembaga sosial / pranata
-         a. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan/ kinship atau Domestik Institution. Contoh perkawinan, pengasuhan anak dll.
-         b. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup ( Economic Institution). Contoh pertanian, peternakan, perburuhan, industri.
-         c. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (Scientific Institution). Contoh penelitian, pendidikan ilmiah dll.
-         d. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan ( Educational Institution). Contoh sistem pendidikan TK, SD, SMP, SMA, Pesantren dll.
-         e. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan rekreasi dan menyatakan rasa indah (aesthetiand recreational institution). Contoh seni
-         f. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan ( Religius Institution) contoh doa, tata keagamaan
-         g. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (Political Insitution). Contoh pemerintahan, demokrasi.
-         h. Pranata yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmaniah mausia (Cosmetic Institution). Contoh pemeliharaan kecantikan, kesehatan dll.
-         C. Institusionalisasi / Perlembagaan
-          
-         - Merupakan proses perkembangan dari lembaga-lembaga/ institusi/ pranata.
-         - Proses ini terjadi bilamana suatu kelompok memutuskan bahwa seperangkat norma, nilai-nilai dan peranan tertentu dianggap sangat penting bagi kelangsungan hidupnya, sehingga anggotanya diminta mematuhinya.
-         - Menurut SoejonoSoekanto institusionalisasi adalah proses dimana unsur norma menjadi bagian dari suatu lembaga. Dengan demikian unsur norma merupakan unsur dasar dari suatu lembaga.
-         - Institusionalisasi belum memiliki unsur-unsur sistem sosial yang sempurna sebagaimana terdapat di dalam institusi/ lembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar